MEMASARKAN PRODUK SECARA ONLINE
 Internet bisa dibilang adalah berkah pagi para pengusaha kecil. Mengapa
 begitu ? Coba bayangkan ketika internet belum menjadi kebutuhan 
sehari-hari seperti sekarang. Memasarkan produk dulu bisa dibilang 
merupakan suatu kegiatan yang hampir pasti membutuhkan biaya. Memasang 
iklan di koran, radio, brosur membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan 
dari kocek pengusaha dan belum tentu produk yang dipasarkan akan laku di
 pasaran. 
 Sekarang dengan adanya internet maka biaya untuk memasarkan produk bisa
 ditekan sampai nol. Banyak situs-situs internet gratis yang bisa jadi 
media anda untuk memasarkan produk. Walaupun ada juga situs-situs yang 
meminta fee (yang biasanya) sedikit untuk memasarkan produk seperti 
situs lelang eBay, iOffer, dll. 
 Nah, buat anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya banyak untuk 
beriklan, simak beberapa cara berikut ini untuk memasarkan produk anda :
- Manfaatkan e-mail dan berusahalah cari alamat-alamat e-mail yang bisa anda kirimkan penawaran menarik bagi produk anda. Makin banyak alamat e-mail maka makin besar kesempatan anda untuk menjual produk anda melalui sarana e-mail ini
- Buatlah web/blog sebagai untuk memajang produk anda
- Manfaatkan situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Kaskus dan lain lain. Alangkah baiknya jika dalam situs sosial media tersebut anda dapat memberikan link ke situs anda.
- Manfaatkan forum online segmented yang mengkhususkan diri bagi peminat kegiatan tertentu. Jangan hanya berjualan saja di forum-forum online dengan tipe seperti ini namun bangunlah interaksi dengan para penggunannya. Contohnya jika anda menjual alat-alat musik, bergabunglah ke forum-forum yang membahas tentang musik.
- Bergabunglah ke Yahoo Groups atau Google Groups dan buatlah penawaran produk anda disana.
 Selain minim biaya, keuntungan dari beriklan secara online adalah 
kemampuannya untuk menciptakan efek viral. Apa itu efek viral ? Efek 
viral dalam dunia internet adalah pelipatgandaan penyeberan informasi. 
Kita ambil contoh situs twitter. Setiap retweet yang dilakukan oleh 
pengguna twitter sebut saja si A akan berpotensi dibaca oleh seluruh 
follower dari si A . Jika seorang follower twitter si A membacanya dan 
kemudian juga me-retweet maka pesan tersebut berpotensi untuk dibaca 
oleh seluruh follower si B dan di-retweet. Begitu seterusnya sehingga 
terjadi suatu efek viral yang dashyat.
 Jadi mulailah manfaatkan internet untuk memasarkan produk anda. Jika 
anda melakukannya dengan benar dan konsisten dijamin hasilnya akan 
memuaskan anda !  
http://www.updaterus.com/
 


